Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Api di Sumsel Meningkat

Kompas.com - 03/08/2009, 01:48 WIB

PALEMBANG, KOMPAS - Jumlah titik api berdasarkan pantauan satelit Aqua/Terra Modis yang diolah oleh UPTD Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan Sumsel, meningkat drastis pada  31 Juli. Namun, kualitas udara di Palembang masih tetap bersih, belum tampak asap yang mengganggu aktivitas warga.

Jumlah titik api pada tanggal tersebut tercatat mencapai 108 titik. Padahal, pada 30 Juli jumlah titik api hanya 29 titik. Jumlah titik api yang terpantau dalam sehari pada  31 Juli merupakan yang terbanyak selama 2009 .

Selama satu minggu sebelumnya mulai  23 Juli sampai dengan 30 Juli, jumlah titik api di Sumsel berfluktuasi karena hujan. Jumlah titik api pada hari-hari tertentu sempat mencapai nol karena diguyur hujan.

Sebelumnya, Sekretaris UPTD Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Dinas Kehutanan Sumsel Ahmad Taufik mengatakan, jumlah titik api akan mencapai puncak pada Agustus dan September. Hal tersebut berdasarkan pengalaman selama beberapa tahun mengamati titik api di Sumsel.

Menurut Taufik, pihaknya telah membuka posko kebakaran lahan yang aktif selama 24 jam dan meningkatkan patroli mobil pemadam kebakaran lahan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com