Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuih... Lega Bisa ke Toilet Lagi!

Kompas.com - 21/07/2009, 07:15 WIB

FLORIDA, KOMPAS.com — Setelah satu hari yang melelahkan, yaitu berjalan di antariksa, para astronot dapat menikmati setidaknya satu kenyamanan sebagai makhluk, toilet yang berfungsi.
   
Meskipun astronot yang berjalan di antariksa, David Wolf dan Thomas Marshburn, bekerja di luar Stasiun Antariksa Internasional (ISS), Senin (20/7), untuk menyimpan suku-cadang, anggota awak yang lain memperbaiki toilet yang macet di pos terdepan tersebut.
   
Dengan rekor 13 orang di dalam stasiun tersebut, hal itu bukan saat yang baik bagi kamar kecil utama di stasiun tersebut, yang dihubungkan dengan sistem daur ulang urine dan air, untuk tak berfungsi. Anggota awak harus menggunakan toliet di bagian Rusia di stasiun itu dan di pesawat ulang-alik Endeavour.
   
Penggunaan secara berlebihan toilet di pesawat ulang-alik dapat menjadi masalah karena tangki airnya tak dapat dikosongkan sewaktu Endeavour diparkir di stasiun tersebut.
   
Penimbunan air limbah di dalam pesawat, yang secara khusus bagaimana tangki itu dikosongkan, mungkin mencemari beranda baru percobaan di bagian luar stasiun tersebut, yang dipasang selama satu jalan di antariksa pada Sabtu.
   
Pada Senin, Wolf dan Marshburn memasang pompa cadangan dan perangkat lain yang mungkin diperlukan guna membuat stasiun itu tetap beroperasi setelah armada ulang-alik tersebut dipensiunkan tahun depan.
   
Awak pesawat ulang-alik masih memiliki rencana untuk tiga kali berjalan di antariksa selama 11 hari berada di stasiun itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com