Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peti Mati Itu (Ternyata) Berisi Gading!

Kompas.com - 16/07/2009, 07:03 WIB

NAIROBI, KOMPAS.com — Akal bulus maling gading kena batunya. Di Nairobi, Rabu (15/7), Pemerintah Kenya sukses menahan 300 kilogram gading gajah yang bakal diselundupkan ke Laos menggunakan burung besi. Tak tanggung-tanggung, gading seberat itu diletakkan di dalam sebuah peti mati.

Barang temuan terdiri dari 16 gading gajah dan cula badak hitam. Pejabat mengatakan, jejak darah pada gading tersebut menunjukkan bahwa sang gajah dibunuh belum lama berselang.

Penerbangan ituberhenti di Nairobisedianya bermula dari Mozambik dan akan menuju Thailand lalu Laos. Penangkapan gading ini diperkirakan bernilai 1 juta dollar AS.

Pejabat dari kantor suaka alam Kenya menyatakan, gading tersebut kemungkinan datang dari Tanzania atau Afrika Selatan. Sementara itu, badak hitam hanya bisa ditemukan di wilayah timur dan selatan Afrika.

Perdagangan gading internasional sudah dilarang sejak 1989. Penjualan gading adalah ilegal jika gading bukan berasal dari stok sebelum tahun tersebut. Walau demikian, banyak negara tidak berbuat apa-apa untuk mendukung pelarangan ini.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com