Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyu-penyu Itu Kembali ke Alamnya

Kompas.com - 02/07/2009, 02:40 WIB

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Ratusan wisatawan mancanegara ikut melepas 125 ekor anak penyu ke laut di pantai Nirwana Gardens Resort Lagoi Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Rabu (1/7).
   
"Anak-anak penyu ini merupakan hasil penangkaran yang dilakukan menajemen Nirwana Gardens Resort di sepanjang pantai kawasan wisata Lagoi," kata Asisten Direktur Operasional Nirwana Gardens Resort, Arya Waskita.
   
"Wisatawan asing sangat tertarik dan mengaku kagum dengan penyu-penyu tersebut saat dilepas menuju pantai," kata Arya.
   
Arya mengatakan acara pelepasan penyu-penyu ini merupakan agenda tahunan yang dilakuan oleh Nirwana Gardens dan sudah dimulai dari tahun 2005. "Kami sudah melepaskan penyu hasil penangkaran dari tahun 2005 sampai 2009 lebih kurang 4.500 ekor," ujarnya.
   
Dia menambahkan selain menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, pelepasan penyu ini juga merupakan program untuk mencegah hewan itu dari kepunahan. "Selain untuk konservasi di Bintan, kami juga menunjukkan kepada tamu bahwa kami peduli terhadap hewan yang terancam punah," katanya.
   
"Telur penyu yang kami tangkarkan di sini adalah penyu jenis sisik (Hawksbill turtle) yang dikumpulkan dari pantai Pasir Panjang Lagoi setelah penyu betina bertelur," ujarnya.
   
Arya mengatakan setiap sarang yang ditemukan terdapat sekitar 140 sampi 150 telur. "Namun berdasarkan hasil penelitian setelah telur penyu tersebut menetas dan dilepas ke laut hanya 10 persen yang dapat bertahan hidup," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com