Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Musik Tertua di Dunia Ditemukan

Kompas.com - 28/06/2009, 16:10 WIB

KOMPAS.com - Sebuah flute dinyatakan sebagai alat musik tertua di dunia. Flute yang digali dari sebuah goa di Jerman itu terbuat dari tulang burung dan diukir sekitar 35.000 tahun lalu.

Pada awal era modern, Eropa telah mengembangkan budaya yang kompleks dan kreatif. Sebuah tim arkeologi pimpinan ahli arkeologi Nicholas Conard dari University of Tuebingen menyambung kembali 12 potongan flute, yang didapat dari tumpukan tulang burung nasar dari goa Hohle Fels, menjadi sebuah flute yang panjangnya sekitar 22 sentimeter dengan lima lubang.

”Tak diragukan lagi ini adalah instrumen musik tertua di dunia,” ujarnya.

Penemuan itu dimuat online oleh jurnal ilmiah Nature, Rabu (24/6). Flute tua lainnya ditemukan di Austria diduga berusia 19.000 tahun. Dan 22 buah flute ditemukan di Pegunungan Pyrenees, Perancis, berusia sekitar 30.000 tahun.

September 2008 tim Conard mengangkat enam fragmen gading membentuk figur perempuan-penemuan bagian kepala manusia tertua yang diyakini membangun budaya yang maju 35.000 tahun lalu. (ISW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com