Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim JK-Wiranto Protes Klaim Keberhasilan Pemerintah Hanya Punya SBY

Kompas.com - 03/06/2009, 13:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim sukses pasangan capres dan cawapres Jusuf Kalla dan Wiranto protes jika keberhasilan pemerintah diklaim sepenuhnya sebagai keberhasilan SBY yang duduk sebagai presiden. Padahal, menurut tim, 66 persen keberhasilan pemerintah adalah keberhasilan JK sebagai wakil presiden yang mengeksekusi.

"Indikator keberhasilan selama ini tidak berhak hanya diklaim sebagai keberhasilan SBY karena 66 persen prestasi pemerintah adalah prestasi JK dengan kekuatan di parlemen dan dibantu sejumlah menteri di kabinet," tutur jubir JK-Win, Indra J Piliang, dalam keterangan pers di Chemistry Media Center, Rabu (3/6).

Tim sukses gerah karena SBY seolah-olah mengklaim bahwa seluruh keberhasilan pemerintah terjadi karena berada di bawah kepemimpinannya. Padahal, eksekusi dilakukan oleh JK sebagai wakil presiden dan juga oleh para menteri. "JK bukan robot dan remote control ada di Presiden," lanjut Indra.

Seharusnya, ungkap Jubir JK-Win lainnya, Pompeida Hidayatullah, seperti Hayam Wuruk yang mengakui hasil kerja keras Gajah Mada dalam menyatukan Nusantara dan Soekarno yang mengakui hasil kerja keras perjuangan gerilya Jenderal Sudirman.

"Jika seseorang memberikan tugas kepada seseorang yang kemudian berhasil melaksanakan tugas tersebut, maka keberhasilan tersebut ada pada orang yang melaksanakannya," tutur Poempida.

Oleh karena itu, Poempida heran jika Rizal Malarangeng, jubir SBY-Boediono, tidak mengakui prestasi yang telah dicapai oleh Jusuf Kalla yang memang mendapatkan persetujuan Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com