Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kala Naga dan Gajah Bersama Menari

Kompas.com - 01/06/2009, 08:47 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Sekitar 100 pejabat dan pelajar dari China dan India berada di Beijing untuk mengikuti suatu seminar yang membicarakan berbagai upaya mendorong kerja sama antara ke dua raksasa Asia tersebut.
    
"Naga dan gajah telah menari bersama dalam beberapa tahun terakhir," kata wakil pimpinan Asosiasi Masyarakat China untuk Kemitraan dengan negara-negara Asing Feng Zuoku, pada awal seminar tersebut.
    
Sebagai suatu metrik hubungan dengan pertumbuhan cepat, volume perdagangan bilateral telah mencapai 51,78 miliar dollar AS pada 2008, menjadikan China mitra dagang utama bagi India, kata Feng.
    
Feng mengatakan kedua negara telah menyelesaikan kerja sama militer dan keamanan dan menikmati potensi besar dalam kerja sama di berbagai bidang seperti teknologi informasi, budaya, pendidikan, keuangan, ilmu pengetahuan dan upaya menentang terorisme.
    
Seminar dua hari yang berakhir Minggu (31/5) itu juga akan membicarakan bagaimana kedua negara akan bekerja sama untuk menangani kecenderungan menurunnya ekonomi global.
    
Sementara itu Duta Besar India untuk China Nirupama Rao mengatakan pada seminar tersebut bahwa hubungan kemitraan kedua negara itu telah memasuki tahapan pertumbuhan dan perluasan di berbagai bidang. "Di mana merupakan suatu dialog konstruktif mengenai sejumlah masalah termasuk politik, ekonomi, budaya, masyarakat dengan masyarakat serta kerjasama militer," katanya.
    
Ia juga mengatakan bahwa kemitraan antara ke dua pihak sudah lebih meningkat melalui kesediaan untuk melengkapi kekuatan satu sama lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com