Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Majapahit Diarahkan Jadi Tujuan Wisata

Kompas.com - 10/05/2009, 22:25 WIB

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Peninggalan Kerajaan Majapahit berupa bekas kerajaan, struktur bangunan, candi, dan berbagai benda-benda arkeologis lainnya akan diarahkan menjadi bagian dari industri pariwisata andalan Kabupaten Mojokerto. Hal tersebut tidak hanya akan menarik devisa dari kunjungan wisatawan, namun juga bagian upaya konservasi.

Rencana untuk menjadikan peninggalan Majapahit sebagai daerah tujuan wisata itu sebagian di antaranya ditujukan untuk mengubah kebiasaan masyarakat yang masih hodup dari industri batu bata. Pemanfaatan tanah sekitar situs sebagai bahan baku selama ini cenderung merusak dan mengancam keberlangsungan peninggalan purbakala.

Upaya tersebut telah didukung pelaku usaha pariwisata, antara lain dari Pontjo Sutowo. Pengusaha dan praktisi industri pariwisata itu, Minggu (10/5) menjelaskan untuk tahap pertama akan dilakukan upaya pencerahan terhadap sebagian besar warga yang selama ini memproduksi batu bata.

Pencerahan yang dimaksudkan itu adalah penyadaran kepada sebagian besar warga agar mereka tidak lagi memproduksi batu bata dari tanah yang mengandung peninggalan Majapahit di dalamnya. Pontjo baru saja mendirikan Yayasan Suluh Nuswantara Bakti untuk mendukung upaya tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com