Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengingatkan Konsumen Remaja dengan Biopori

Kompas.com - 02/05/2009, 21:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen memang seperti tak kehabisan akal menggarap konsumen remaja. Bahkan, momentum pelestarian lingkungan yang kini tengah menjadi garapan banyak pihak bisa juga "dijahit" untuk mendekatkan produk dengan konsumen tersebut. "Kami memang mendekatkan IRC dengan konsumen seperti itu," kata Deputi General Manager PT Gajah Tunggal Tbk Fitri Wahyuningsih menjawab pertanyaan Kompas.com pada gelaran IRC Goes to School 2009, Sabtu (2/5).

Mengutip data dari majalah SWA, Gajah Tunggal memproduksi IRC sejak 1981. Ban luar maupun ban dalam bermerek tersebut memang menyasar kendaraan sepeda motor. Porsinya, 80 persen untuk motor bebek, sekitar 8 persen untuk motor skuter otomatik (skutik), dan sisanya untuk motor sport. Diperkirakan, IRC membesut lebih dari 60 persen pangsa pasar Indonesia.

Nah, seperti banyak kalangan mafhum, sepeda motor, di Indonesia memang kendaraan paling populer. Penggunanya, tersebar di berbagai kalangan. Termasuk, anak muda tentunya. Hingga Februari tahun ini, total penjualan sepeda motor di Tanah Air mencapai 782.323 unit.

Berangkat dari situlah, seperti yang disiratkan oleh Wakil Presiden Direktur Gajah Tunggal Budhi Santoso Tanasaleh, dalam kesempatan sama, lewat merek IRC, pihaknya menyentuh konsumen remaja setingkat sekolah menenga atas melalui kegiatan pelestarian lingkungan. "Pada ajang kali ini, kami menyosialisasikan pembuatan biopori di lingkungan sekolah," katanya seraya menambahkan promosi tersebut bernama Green School.

Masih menurut Budhi, tahun ini, partisipasi sekolah dalam IRC Goes to School 2009 meningkat menjadi 60 sekolah dari lingkup Jabodetabek. Pada 2008, cuma ada delapan sekolah. Sementara, tahun ini adalah penyelenggaraan ketiga. "Baru tahun ini kami mengambil tema lingkungan hidup," ujar Fitri.

Ia pun menambahkan hingga tahun depan, pihaknya terus melakukan peninjauan dan evaluasi pembuatan biopori. "Nantinya akan didapatkan pemenang The Green School 2010," demikian Fitri Wahyuningsih.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com