Ditemukan Puluhan Peti Cantik Berisi Mumi

Kompas.com - 30/04/2009, 16:56 WIB
Editor

KAIRO, KOMPAS.com — Puluhan peti cantik dari kayu dengan lukisan berwarna-warni ditemukan dalam kuburan kuno di Mesir. Peti-peti tersebut berisi mumi yang diperkirakan berusia 4.000 tahun.

Sejauh ini sudah ada 53 buah peti yang ditemukan dari situs piramid Illahun yang berada di oasis Fayoum, sekitar 60 kilometer arah selatan Kairo itu. Kuburan kuno tersebut kemungkinan dibuat pada masa kekuasaan Raja Senusret II dari kerajaan keempat dinasti XII.

"Di dalam makam tersebut kami menemukan banyak benda-benda yang berkait dengan upacara pemakaman, ratusan gerabah tembikar dan guci, kendi batu, jimat, arca, dan patung kayu," ujar Abdel-Rahman El-Ayedi, Supervisor of Antiquities for Middle Egypt.

Setiap makam dibangun dengan bentuk arsitektur yang berbeda-beda. Ada yang hanya dibuat satu liang saja. Namun, ada pula yang dibangun dengan banyak kamar dalam satu makam.

Temuan-temuan tersebut memberi banyak informasi yang dapat membantu para arkeolog mengungkap tradisi penguburan dan model arsitektur makam saat itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.