Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Pendinginan Ikan Terbatas, Nelayan Merugi

Kompas.com - 30/04/2009, 13:15 WIB

TRENGGALEK, KOMPAS.com — Nelayan mengeluhkan kurangnya tempat pendinginan ikan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi, Trenggalek, Jawa Timur. Di tempat itu hanya ada dua unit tempat pendinginan ikan dan sering kali penuh. Akibatnya, nelayan terpaksa menjual ikan dengan harga murah.

Agus, nelayan Prigi yang biasa menangkap ikan lemuru, mengatakan, di masa panen ikan, nelayan sulit menjual hasil tangkapan ke tengkulak. Alasan tengkulak, tempat pendinginan ikan di Prigi penuh sehingga mereka tak mau membeli ikan lagi. Akibatnya, nelayan menjual ikan dengan harga murah kepada pedagang ikan di tempat pelelangan ikan.

”Normalnya harga lemuru Rp 150.000 per kuintal, tapi para pedagang itu hanya menghargai Rp 80.000-Rp 90.000,” kata Agus, Rabu (29/4) di Trenggalek. Akibatnya, nelayan tidak mendapatkan keuntungan.

Hal senada diungkapkan Biran, nelayan Prigi yang biasa menangkap ikan tongkol. Saat tempat pendinginan ikan penuh, dia terpaksa menjual ikan kepada pedagang dengan harga separuhnya. ”Kami harap ada cold storage baru,” katanya.

Mulai bulan April, nelayan Prigi semakin banyak memperoleh ikan tuna. Panen ikan tuna, menurut sejumlah nelayan, akan berlangsung hingga Oktober. Puncaknya bulan Juni.

Menurut nelayan Purnomo, selama empat hari melaut, dia memperoleh 15 tuna dengan berat satu ton. (APA/ODY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com