Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menapaki Negeri Seribu Goa

Kompas.com - 30/04/2009, 08:23 WIB

PACITAN, KOMPAS.com — Pagi ini tim ekspedisi Susur Selatan Jawa 2009 Harian Kompas sudah tiba di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Di kabupaten yang terletak di ujung barat daya dan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah ini, tim Dana Kemanusiaan Kompas mengawali kegiatan dengan bakti sosial, yaitu pengobatan massal secara gratis dan pemberian bantuan buku.

Tim ekspedisi tidak melupakan keistimewaan Pacitan yang dikenal sebagai negeri seribu goa. Kabupaten ini memiliki goa-goa yang indah, di antaranya Goa Tabuhan, Goa Kalak, dan Goa Luweng Jaran, yang disebut-sebut sebagai kompleks goa terluas di Asia Tenggara. Daya tarik goa tersebut yang menjadi target tim ekspedisi.

Kamis (30/4) pagi ini, goa-goa Pacitan akan dieksplorasi untuk dijadikan tulisan jurnalistik. Sementara itu, tim ekspedisi lainnya akan menuju sentra produksi kelapa yang diolah menjadi gula kelapa, terutama di Kecamatan Tulakan, Pacitan, dan Kebonagung. Dilanjutkan mengamati sektor perkebunan cengkeh dan industri penyulingan minyak cengkeh.

Kemudian, tim juga bergerak menuju pesisir pantai yang merupakan kawasan perbukitan kapur, tepatnya menuju kawasan di sekitar PLTU Sudimoro serta memantau aktivitas nelayan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com