Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Lagi Fosil Gading Gajah Purba

Kompas.com - 22/04/2009, 02:16 WIB

KUDUS, KOMPAS.COM--Kurita (38), warga Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu (19/4), menemukan fosil gading gajah purba dengan panjang 121 sentimeter, garis tengah di bagian pangkal 30 sentimeter, dan di bagian ujung 10 sentimeter.

Menurut juru pelihara benda cagar budaya, Rakijan Mustofa, untuk sementara fosil tersebut masih disimpan di rumah Kurita.

”Setelah dibersihkan ulang akan kami angkut dan tempatkan sementara di ’museum fosil’ yang kebetulan di rumah saya. Penemuan ini langsung kami laporkan kepada Kepala Seksi Museum Sejarah Purbakala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Sancaka Dwi Supani dan Ketua Forum Pelestari Situs Patiayam Suprapto,” tuturnya.

Dengan ditemukannya fosil tersebut, maka menambah jumlah fosil yang telah teridentifikasi dari 1.234 buah menjadi 1.235 dan terangkum dalam 12 individu yang ditemukan di situs Patiayam.

Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta Siswanto menyatakan, penemuan tersebut sangat bernilai dari segi arkeologis. Pihaknya akan menurunkan tim pada Juni mendatang untuk melakukan penelitian mendalam soal fosil gading gajah itu. (SUP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com