Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopan Merapikan Dandanan

Kompas.com - 21/02/2009, 11:02 WIB

Di tengah segala kesibukan, seringkali kita tak punya banyak waktu untuk merapikan dandanan dan menghilangkan tanda-tanda kelelahan, padahal kita harus menghadiri pertemuan atau pesta setelah jam kerja. Melakukan touch-up merupakan cara singkat untuk mengembalikan kesegaran wajah. Tapi ingat, merapikan dandanan pun ada tempatnya. Simak tipsnya.

 
1. Kesiangan bangun di hari kerja
 
Tak masalah berdandan di jalan bila Anda menaiki kendaraan pribadi atau taksi. Tak ada orang yang akan merasa terganggu dan Anda pun tidak akan merasa terganggu karena menjadi tontonan orang. Tapi, kalau naik kendaraan umum, ceritanya lain lagi. Sebisa mungkin berdandanlah ketika Anda sudah sampai di kantor. Anda bisa berdandan di toilet atau powder room yang tersedia dengan cepat.
 
2. Bepergian jarak jauh dengan kendaraan umum
 
Saat naik kereta, pesawat, atau bus antarkota, Anda pasti merasa perlu merapikan diri agar tak tampil kusut. Sebelum berdandan, mintalah izin pada penumpang di sebelah Anda. Lakukan dengan cepat. Jaga jangan sampai tangan Anda menyenggolnya atau rambut Anda (plus kotorannya) beterbangan mengenainya.
 
3. Lipstik luntur setelah makan
 
Bukan berarti Anda boleh memperbaiki lipstik di meja makan. Pergilah ke toilet atau powder room untuk merapikannya. Anda bisa merapikan semua rias wajah dengan leluasa di sana.
 
4. Harus menghadiri acara langsung dari kantor
 
Kalau kejadian begini sering dialami, kenapa tidak berinvestasi satu set alat rias wajah di laci kantor? Anda jadi tak perlu repot membawanya dari rumah bukan? Berdandanlah di toilet kantor, dan semprotkan sedikit wewangian untuk mempersegar diri. Ingat, semprotkan sedikit saja. Jangan sampai orang lain pusing mencium baunya. Bawalah bedak dan lipstik dalam tas. Anda siap berangkat.
 
Sumber: Buku Etiket, Sukses Membawa Diri di Segala Kesempatan
Karangan Mien R.Uno *
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com