Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Pengusaha Gali Potensi Domestik

Kompas.com - 17/02/2009, 14:58 WIB

JAKARTA, SELASA — Tahun ini pemerintah mencanangkan sebagai tahun ekonomi kreatif, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), sebagai organisasi yang mengayomi para pengusaha wanita di Indonesia, turut mencanangkan beberapa program ekonomi kreatif bagi para anggotanya.

"Kita akan mengajarkan para anggota untuk membuat animasi dan pendidikan mengenai cara mendesain produk mereka. Selain itu, IWAPI juga akan membuat klinik konsultasi secara on-line, sehingga para anggota terutama yang di daerah dapat bertanya melalui klinik on-line tersebut," jelas Rina Fahmi, Ketua Umum IWAPI , saat ditemui di Marcantile Athletic Club, Jakarta (17/2).

Rina juga menyarankan kepada para anggotanya, untuk melakukan penjajakan terhadap kerja sama antardaerah. "Sekarang ini zamannya krisis global, cukup berat jika melakukan ekspor barang. Kenapa kita tidak menggali perdagangan internal," sebut Rina.

Nungki Juniarti Humas IWAPI, saat ditemui pada kesempatan yang sama, mengatakan, anggota IWAPI terus dilatih agar dapat melakukan inovasi terhadap produk mereka. Teknologi-teknologi terkini dalam membuat produk juga kami ajarkan. "Hal itu kami lakukan agar produk para anggota ketinggalan zaman baik dari cara membuat, ataupun desain dari produk mereka," tuturnya.

Anggota IWAPI saat ini berjumlah 40.000 anggota dan tersebar di seluruh provinsi, terus membutuhkan bimbingan untuk mengembangkan usaha mereka.

Nungki juga mengatakan, program yang dibuat juga disesuaikan dengan kebutuhan usaha pada daerah mereka. "Misalnya untuk daerah Bali, yang terkenal dengan usaha kerang dan perak, makanya kita bantu mereka mengembangkan usaha kerang dan perak tersebut," ujar Nungki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com