Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petrokimia Ajak Bangun Pabrik Pupuk Organik

Kompas.com - 08/02/2009, 17:48 WIB

MEDAN, MINGGU - PT. Petrokimia Gresik masih membuka peluang kerjasama dengan pengusaha Sumut untuk memproduksi pupuk organik yang dinilai prospek bisnisnya cukup baik.

"Kalau pengusaha lain berminat, manajemen siap bekerjasama," kata Manajer Penjualan Pupuk Wilayah Sumut PT Petrokimia Gresik, Sudigdo di Medan, Minggu (8/2).

Investasi untuk pengoperasian industri pupuk itu sangat tergantung pada lokasi pabrik akan dibangun dan harga bahan baku. "Kalau untuk mesin saja, investasinya sekitar Rp1 miliar per unit," katanya.

Dia mengungkapkan, Petrokimia menyediakan mesin dan teknologi, sedangkan bangunan dan termasuk pengoperasian dilakukan mitra kerja. "Secara total pabrik pupuk organik yang dioperasikan pengusaha bekerjasama dengan Petrokimia setiap tahun terus bertambah," katanya.

Tahun 2008 realisasi penyerapan pupuk organik hanya 3.000 ton, padahal pupuk organik itu sangat bagus untuk tanah dan tanaman itu sendiri.

Pupuk organik subsidi itu dijual murah atau dengan Harga Eceran Tertinggg (HET) sebesar Rp 500 per kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com