Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Safari Sambut Kelahiran Bayi Orangutan

Kompas.com - 25/12/2008, 18:10 WIB

PASURUAN, KAMIS -  Bertepatan dengan Hari Natal, seekor orangutan Kalimantan (Pogo Pygmaeus pygmaeus) lahir di Taman Safari Indonesia II Prigen Jawa Timur, Kamis (25/12).

Bayi orangutan jenis betina yang dilahirkan dari pasangan induk Sinta (11) dan pejantan Benny (19) diberi nama Natalia.

Drh. Nanang yang mengawasi kelahiran satwa langka dan dilindungi mengatakan, proses kelahiran bayi orangutan dari pasangan Sinta dan Benny ini, berjalan normal. Ia menjelaskan, proses kelahirannya berlangsung Kamis (25/12) sekitar pukul 02.00 WIB, dini hari di kandang beranak yang telah dipersiapkan.

Bayi orangutan seberat sekitar 1.000 gram itu terlihat sehat. Induknya juga terlihat menyayangi, dan setiap saat selalu menjilati untuk mengeringkan rambut bayinya. "Yang melegakan, sekitar satu jam kemudian bayi orangutan berhasil menyusu induknya," kata Drh. Nanang.

Ia mengungkapkan, hal tersebut menandakan si induk telah memiliki "mothering ability" (naluri keindukan) yang bagus. Kini, induk orangutan beserta bayinya masih dalam perawatan ketat di kandang karantina Taman Safari Indonesia II Prigen. Pascakelahiran, induk orangutan harus mendapat tambahan vitamin untuk memperlancar proses menyusui untuk menunjang kesehatan bayinya.

Direktur Taman Safari Indonesia, Tony Sumampau mengungkapkan, kelahiran seekor orangutan tersebaut membanggakan bagi TSI. Hal tersebut menunjukkan keberhasilan TSI sebagai lembaga konservasi eksitu dalam menangkarkan sarwa langka dan dilindungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com