Ayo Dukung Pulau Komodo Jadi New 7 Wonders!

Kompas.com - 16/12/2008, 18:11 WIB
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, SELASA — Masih 15 hari lagi waktu yang tersisa untuk pemungutan suara pemilihan 7 keajaiban baru alam (New 7 Wonders of  Nature). Wakil Indonesia, Pulau Komodo, saat ini berada di urutan ke-28. Sementara urutan pertama ditempati The Puerto Princesa Subterranean River National Park (Filipina). Pada bulan Juni, Pulau Komodo sempat berada di urutan ke-13.

Selain Pulau Komodo, wisata alam Indonesia yang masuk nominasi adalah Danau Toba yang berada di posisi 31 dan Gunung Krakatau di posisi 34. Dalam seminggu ini peringkat ketiga wisata alam Indonesia itu terus menurun.

"Kontes" 7 keajaiban baru alam ini diselenggarakan oleh New Open World Foundation bekerja sama dengan The United Nation Office for Partnerships. Lembaga ini pula yang tahun lalu menetapkan 7 keajaiban dunia baru yang mengeliminasi Candi Borobudur. Dalam kategori ini panitia memilih obyek wisata yang dibuat oleh manusia.

Dalam pemilihan 7 keajaiban baru alam yang kini tengah berlangsung, panitia mengajak dunia memilih wisata alam yang terbentuk secara natural oleh alam. Taman Nasional Komodo merupakan satu-satunya tempat di dunia yang ditinggali hewan purba Komodo. Gunung Krakatau masuk nominasi karena sejarah mencatat letusannya yang dahsyat membuat sebagian penjuru dunia gelap karena tertutup abu. Sementara itu, Danau Toba yang terkenal seantero dunia terbentuk oleh letusan gunung api.

Pemilihan 7 keajaiban baru alam ini dilakukan secara online di situs web www.new7wonders.com. Ada sebanyak 77 tempat wisata dari seluruh penjuru dunia yang masuk nominasi. Pemilihan akan berakhir pada 31 Desember 2008. Selanjutnya, panitia akan memilih 21 finalis untuk kemudian menentukan 7 obyek wisata alam itu yang layak disebut sebagai keajaiban baru alam. Nah, Anda dapat ikut serta menentukan peringkat kandidat Indonesia dengan menggunakan hak pilih Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.