Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jejak Pengembaraan Wallace

Kompas.com - 16/12/2008, 06:31 WIB

Oleh Nawa Tunggal

Teras di muka rumah Paunga Tjandra (59) tersita untuk peletakan batu pertama pembangunan monumen peringatan Alfred Russel Wallace (1823-1913) di Ternate, Provinsi Maluku Utara, Rabu (3/12) lalu. Paunga tidak pernah tahu siapa tokoh Wallace yang diduga 150 tahun silam pernah tinggal di rumahnya. Rumah itu ia beli dari Laila Djafar (74) pada 1984.

"Baru seminggu lalu saya diberi tahu rencana peletakan batu pertama ini," kata Paunga.

Jajaran Pemerintah Kota Ternate antusias mendukung program Yayasan Wallacea dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk mengangkat kembali nama Wallace di Ternate. Salah satunya dengan mengabadikan nama Wallace dengan monumen di salah satu rumah yang diduga pernah disinggahinya.

Salah satu telaah yang menguatkan dugaan rumah Paunga pernah disinggahi Wallace karena dalam buku The Malay Archipelago karya Wallace tahun 1869 disebutkan ciri-ciri yang hampir berkesesuaian. Rumah Paunga memiliki sumur tua di sisi belakang.

Wallace juga menyatakan hanya lima menit saja dari rumah itu untuk pergi ke Pasar Gamalama di tengah Kota Ternate. Kemudian dengan menghadap timur laut dapat memandang kota Ternate yang dilengkapi pemandangan pelabuhan yang cukup ramai waktu itu.

Paunga kebetulan menjadi pemilik rumah seperti itu dengan luas tanah 12 x 38 meter persegi. Sumur tua di belakang rumah juga masih tersisa walau sudah berubah. Namun, bagi Paunga, yang sehari-hari berdagang kebutuhan pokok, adakah manfaat monumen bagi dirinya?

Peletakan batu pertama monumen Wallace oleh Wali Kota Ternate Syamsul Andili dan Kepala LIPI Umar Anggara Jenie, disaksikan warga sekitar, termasuk Laila Djafar. Laila mengaku juga tidak tahu-menahu siapa Wallace. Bahkan, warga lainnya, Koordinator Ternate Herritage Society Maulana Ibrahim, menyatakan, ”Belum tentu rumah itu yang pernah disinggahi Wallace. Kegiatan peletakan batu pertama ini tampak tergesa-gesa,” kata Maulana.

Sosok Wallace

Wallace dikenal sebagai naturalis dari Inggris. Awal penjelajahannya tercatat pada tahun 1846 saat ia berusia 23 tahun yang menjejakkan kaki di Amazon.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com