Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Ulang Alik Pulang Menumpang Boeing 747

Kompas.com - 12/12/2008, 17:54 WIB

CAPE CANAVERAL, JUMAT - Meski sanggup pulang pergi ke luar angkasa, pesawat ulang alik tidak didesain untuk terbang seperti pesawat komersial. Untuk memulangkannya ke pangkalan peluncuran di Kennedy Space Center, pesawat ulang alik Endeavour harus menumpang di atas pesawat jumbo Boeing 747.

Pesawat yang baru saja menjalankan misi luar angkasa ke stasiun antariksa internasional (ISS), harus kembali ke Cape Canaveral, Florida untuk mempersiapkan misi selanjutnya. Pesawat tersebut sebelumnya terpaksa mendarat di Pangkalan Udara Edwards, California karena cuaca buruk di Florida saat jadwal pendaratan.

Endeavour diterbangkan dari California sejak Rabu (10/12) pagi. Ia sempat transit di Fort Worth, Texas pada malam harinya dan baru melanjutkan perjalanan Kamis pagi. Transit kedua di Pangkalan Udara Barksdale Air Force di Lousiana pada Kamis malam.

Perjalanan mungkin akan berakhir Jumat sore jika badai dan angin kencang di sekitar Kennedy Space Center mereda. Untuk memindahkan pesawat dari California ke Florida, NASA harus menhabiskan dana setidaknya sebesar 1,8 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com