Bendera India "Menancap" di Permukaan Bulan

Kompas.com - 17/11/2008, 23:22 WIB
Editor

JAKARTA, SENIN - India tidak hanya sukses mengirimkan satelit buatannya Chandrayaan-1 ke orbit Bulan, tapi juga mengirimkan bendera kebanggaan negaranya ke permukaan Bulan. Bukan dalam bentuk bendera sebenarnya melainkan lukisan bendera di sisi-sisi kotak khusus yang dihempaskan ke permukaan Bulan.

Moon Impact Probe dijatuhkan bebas dari Chandrayaan-1 pada Jumat (14/11) lalu dan menghantam permukaan Bulan 25 menit setelah dilepaskan pada pukul 20.31 waktu India. Tumbukan tersebut menghasilkan kawan kecil yang berhasil dipotret Chandrayaan-1.

Kotak seberat 29 kilogram berukuran 375x375x470 milimeter itu memang didesain untuk mengetes momentum akibat tumbukan di permukaan Bulan. Data-data pengukuran akan dijadikan pertimbangan untuk mendesain wahana yang akan didaratkan ke permukaan Bulan kemudian hari.

Peluncuran Chandrayaan 1 yang mengabiskan dana 80 juta dollar AS merupakan misi pendahuluan untuk peluncuran-peluncuran berikutnya. Chandrayaan-2 yang rencananya diluncurkan antara tahun 2010-2012 akan membawa robot penjelajah (rover) Rusia dan sebuah wahana pendarat milik Rusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.