Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera India "Menancap" di Permukaan Bulan

Kompas.com - 17/11/2008, 23:22 WIB

JAKARTA, SENIN - India tidak hanya sukses mengirimkan satelit buatannya Chandrayaan-1 ke orbit Bulan, tapi juga mengirimkan bendera kebanggaan negaranya ke permukaan Bulan. Bukan dalam bentuk bendera sebenarnya melainkan lukisan bendera di sisi-sisi kotak khusus yang dihempaskan ke permukaan Bulan.

Moon Impact Probe dijatuhkan bebas dari Chandrayaan-1 pada Jumat (14/11) lalu dan menghantam permukaan Bulan 25 menit setelah dilepaskan pada pukul 20.31 waktu India. Tumbukan tersebut menghasilkan kawan kecil yang berhasil dipotret Chandrayaan-1.

Kotak seberat 29 kilogram berukuran 375x375x470 milimeter itu memang didesain untuk mengetes momentum akibat tumbukan di permukaan Bulan. Data-data pengukuran akan dijadikan pertimbangan untuk mendesain wahana yang akan didaratkan ke permukaan Bulan kemudian hari.

Peluncuran Chandrayaan 1 yang mengabiskan dana 80 juta dollar AS merupakan misi pendahuluan untuk peluncuran-peluncuran berikutnya. Chandrayaan-2 yang rencananya diluncurkan antara tahun 2010-2012 akan membawa robot penjelajah (rover) Rusia dan sebuah wahana pendarat milik Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com