Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aditya Akan Meluncur ke Matahari

Kompas.com - 12/11/2008, 20:59 WIB

BANGALORE, RABU - Ambisi India untuk menaklukkan ruang angkasa semakin membara setelah peluncuran wahana ke Bulan pertamanya sukses. Setelah meluncurkan Chandrayaan-1, kini tim dari Organisasi Riset Antariksa India (ISRO) sedang mengembangkan sebuah wahana untuk mendekati Matahari.

"Itu sebuah satelit mini. Desain pesawat itu segera rampung," kata Ketua ISRO, Madhavan Nair kepada kantor berita India, PTI. Para ilmuwan ISRO sedang dalam tahap mendesain pesawat yang diberi nama Aditya untuk mempelajari wilayah di bagian terluar Matahari yang disebut korona.

Wahana tersebut akan digunakan untuk mengamati tipe emisi yang terjadi di Matahari dan bagaimana hal itu berinteraksi, misalnya dengan ionosfir dan atmosfir. Deputi Direktur Program, kantor Sains Antariksa ISRO, Dr. Jayati Datta mengatakan Aditya adalah wahana ruang angkasa pertama yang mempelajari korona secara menyeluruh.

"Aditya akan menjadi usaha pertama oleh komunitas ilmuwan India untuk menguak misteri berkaitan dengan pemanasan korona, pelepasan massa korona dan proses cuaca ruang angkasa dan penelitian ini akan memberikan informasi penting tentang kondisi kegiatan surya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com