Aditya Akan Meluncur ke Matahari

Kompas.com - 12/11/2008, 20:59 WIB
Editor

BANGALORE, RABU - Ambisi India untuk menaklukkan ruang angkasa semakin membara setelah peluncuran wahana ke Bulan pertamanya sukses. Setelah meluncurkan Chandrayaan-1, kini tim dari Organisasi Riset Antariksa India (ISRO) sedang mengembangkan sebuah wahana untuk mendekati Matahari.

"Itu sebuah satelit mini. Desain pesawat itu segera rampung," kata Ketua ISRO, Madhavan Nair kepada kantor berita India, PTI. Para ilmuwan ISRO sedang dalam tahap mendesain pesawat yang diberi nama Aditya untuk mempelajari wilayah di bagian terluar Matahari yang disebut korona.

Wahana tersebut akan digunakan untuk mengamati tipe emisi yang terjadi di Matahari dan bagaimana hal itu berinteraksi, misalnya dengan ionosfir dan atmosfir. Deputi Direktur Program, kantor Sains Antariksa ISRO, Dr. Jayati Datta mengatakan Aditya adalah wahana ruang angkasa pertama yang mempelajari korona secara menyeluruh.

"Aditya akan menjadi usaha pertama oleh komunitas ilmuwan India untuk menguak misteri berkaitan dengan pemanasan korona, pelepasan massa korona dan proses cuaca ruang angkasa dan penelitian ini akan memberikan informasi penting tentang kondisi kegiatan surya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.