Chandrayaan 1 Masuki Orbit Bulan

Kompas.com - 06/11/2008, 19:01 WIB
Editor

JAKARTA, KAMIS - Satelit Chandrayaan 1 milik India tengah memasuki tahap terakhir untuk menempatkan diri di orbit Bulan. Sejak sukses diluncurkan 22 Oktober lalu, wahana pertama India yang khusus dikirim ke BUlan itu telah menjalankan manuver untuk melesat dari Bumi ke Bulan.

Chandrayaan 1 harus mengelilingi Bumi beberapa kali dan memanfaatkan gaya gravitasi Bumi untuk melentingkan diri. Setiap kali berbelok, roket dinyalakan untuk membentuk orbit lonjong yang terus membesar mendekati Bulan.

Roket yang dinyalakan pada manuver terakhir cukup kuat mendorongnya hingga 384.000 kilometer namun belum cukup. Manuver berikutnya yang akan dilakukan Sabtu (8/11) akan menempatkannya ke orbit Bulan. Manuver-manuver serupa di orbit BUlan akan menempoatkannya pada orbit yang diinginkan di ketinggian 100 kilometer.

Pengaturan manuver itu diamati melalui Telemetry, Tracking and Command Network (ISTRAC) milik badan riset antariksa India (ISRO) di Bangalore. Transmisi data didukung antena Indian Deep Space Network di Byalalu.

Baru-baru ini, ISRO juga telah merilis foto pertama yang diambil Chandrayaan sepanjang perjalanan ke Bulan. Foto tersebut memperlihatkan wilayah Australia dari orbit.

Chandrayaan 1 direncanakan akan bekerja di Bulan selama 2 tahun. Misi utama satelit tersebut adalah memetakan permukaan Bulan dalam gambar 3 dimensi dan peta distribusi mineral yang dikandung di sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.