Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chandrayaan 1 Masuki Orbit Bulan

Kompas.com - 06/11/2008, 19:01 WIB

JAKARTA, KAMIS - Satelit Chandrayaan 1 milik India tengah memasuki tahap terakhir untuk menempatkan diri di orbit Bulan. Sejak sukses diluncurkan 22 Oktober lalu, wahana pertama India yang khusus dikirim ke BUlan itu telah menjalankan manuver untuk melesat dari Bumi ke Bulan.

Chandrayaan 1 harus mengelilingi Bumi beberapa kali dan memanfaatkan gaya gravitasi Bumi untuk melentingkan diri. Setiap kali berbelok, roket dinyalakan untuk membentuk orbit lonjong yang terus membesar mendekati Bulan.

Roket yang dinyalakan pada manuver terakhir cukup kuat mendorongnya hingga 384.000 kilometer namun belum cukup. Manuver berikutnya yang akan dilakukan Sabtu (8/11) akan menempatkannya ke orbit Bulan. Manuver-manuver serupa di orbit BUlan akan menempoatkannya pada orbit yang diinginkan di ketinggian 100 kilometer.

Pengaturan manuver itu diamati melalui Telemetry, Tracking and Command Network (ISTRAC) milik badan riset antariksa India (ISRO) di Bangalore. Transmisi data didukung antena Indian Deep Space Network di Byalalu.

Baru-baru ini, ISRO juga telah merilis foto pertama yang diambil Chandrayaan sepanjang perjalanan ke Bulan. Foto tersebut memperlihatkan wilayah Australia dari orbit.

Chandrayaan 1 direncanakan akan bekerja di Bulan selama 2 tahun. Misi utama satelit tersebut adalah memetakan permukaan Bulan dalam gambar 3 dimensi dan peta distribusi mineral yang dikandung di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com