Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai 10 dari Hubble

Kompas.com - 31/10/2008, 20:00 WIB

JAKARTA, JUMAT - Setelah beberapa hari mengalami kerusakan teknis sehingga tidak dapat mengirimkan foto-foto spektakulernya, kamera utama teleskop ruang angkasa Hubble akhirnya kembali bekerja. Seolah tahu kerja keras para insinyur NASA yang bekerja keras memulihkan fungsinya, salah satu foto terbaru yang dikirimkan adalah citra galaksi yang membentuk angka 10.

Foto tersebut memperlihatkan interaksi sepasang galaksi yang berdekatan bernama Arp 147. Kedua seperti membentuk angka 10 karena perbedaan orientasi. Galaksi pertama yang di bagian kiri seperti membentuk angka satu karena terekam dari pinggir. Sementara galaksi kedua yang membentuk angka 0 terekam dari atas.

Arp 147 terletak di konstalasi Cetus yang berada 400 juta tahun cahaya dari Bumi. Galaksi tersebut pertama kali diamati oleh Halton Arp pada tahun 1960-an dan dipublikasiakn tahun 1966 di the Arp Atlas of Peculiar Galaxies.

Pasangan galaksi tersebut direkam antara 27-28 Oktober 2008. Citra yang sangat detail menunjukkan bahwa kamera Wide Field Planetary Camera 2 (WFPC2) bekerja sempurna. Meski demikian, teleskop yang telah berumur 18 tahun itu membutuhkan penggantian suku cadang baterai dan giroskop agar dapat beroperasi lebih lama.

NASA telah menyipakan misi peluncuran wahana ulang alik untuk memperbaiki Hubble tahun ini. Namun, beberapa kali menundanya karena pertimbangan teknis. Misi terakhir ke Hubble sedianya dilakukan Februari tahun depan namun ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com