Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messenger Ungkap 30 Persen Bagian Tersembunyi Merkurius

Kompas.com - 30/10/2008, 20:22 WIB

WASHINGTON, KAMIS - Para ilmuwan NASA, Rabu (29/10) waktu AS memperlihatkan foto-foto terbaru permukaan Planet Merkurius kiriman wahana antariksa Messenger. Foto-foto yang dibuat saat Messenger melintas dekat Merkurius awal bulan ini merupakan 30 persen permukaan yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Sebanyak 1.200 foto yang diperoleh memperlihatkan belahan barat planet itu. Para ilmuwan berharap akan menggunakan foto-foto itu untuk memetakan permukaan Merkurius.

"Kawasan permukaan Merkurius yang kami lihat dari jarak dekat untuk pertama kalinya bulan ini jauh lebih besar ketimbang daratan Amerika Selatan," kata ilmuwan NASA, Sean Solomon. "Bila digabung dengan data dari terbang lintas pertama dan dari Mariner 10, dengan cakupan terakhir kami berarti kami telah melihat sekitar 95 persen planet itu."

Pesawat antariksa NASA itu terbang dalam jarak hanya 200 kilometer dari Merkurius pada 6 Oktober pada penerbangan kedua dari tiga penerbangan yang direncanakan untuk mendekati Merkurius. Messenger akan masuk ke orbit sekitar Merkurius pada 2011 untuk memberikan apa yang diharapkan para ilmuwan akan merupakan gambar lengkap planet terkecil dalam tata surya itu.

Selain memotret dari jarak dekat, terbang lintas tersebut juga dirancang terutama untuk menangkap dorongan energi gravitasi bagi wahana itu. Merkurius merupakan planet terdekat dengan Matahari sehingga tarikan gravitasi Matahari sangat besar dan tingkat radiasi yang tinggi sekali. Planet itu menjadi benda langit yang paling misterius di tata surya, sekalipun jaraknya cukup dekat dengan Bumi.

Para ilmuwan dan pengamat berharap Messenger akan memberikan jawaban mengenai proses kimiawi yang mempengaruhi atmosfir Merkurius. Mereka juga berupaya mengungkap informasi lebih jauh tentang partikel bermuatan yang terletak di sekitar medan magnetik yang dinamis dari planet itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com