Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manusia "Cumi-cumi" Punya 4 Lengan dan 3 Kaki

Kompas.com - 22/10/2008, 10:12 WIB

MANILA, RABU — Seorang laki-laki di Filipina dijuluki "Octoman" (manusia cumi-cumi) karena memiliki empat lengan dan tiga kaki. Kaki dan tangan tambahan itu merupakan kembarannya yang mati dan menjadi parasit.

Fenomena medis yang dialami Rudy Santos (55) itu biasa disebut parasitic twin. Ini salah satu kejadian paling langka yang menimpa laki-laki. Rudy memiliki tiga kaki dan empat tangan. Namun, salah satu kakinya buntung dari lutut. Kembarannya yang menempel di dada itu juga punya kepala serta memiliki satu telinga dan kulit kepala dengan sedikit rambut.

Setelah berpuluh tahun baru saat inilah Rudy memutuskan untuk menghilangkan kembarannya yang sudah mati itu lewat jalan operasi. Pria yang 10 tahun terakhir hidup miskin di kota metropolitan Manila itu diyakini sebagai kembar parasit tertua di dunia yang masih hidup.

Untuk memisakan diri dari kembarannya, Rudy akan ditangani Vicente Gomez, dokter paling terkenal dalam hal pemisahan kembar seperti itu. Serangkaian tes medis harus dijalani laki-laki yang pernah ikut acara pertunjukan manusia aneh selama tahun 1980-an sampai 1990-an ini.

Tes itu untuk mengetahui proses pembentukan kembarannya dan apakah kembarannya itu juga hidup, seperti memiliki tulang belakang dan organ sendiri. Pemeriksaan selanjutnya untuk menguji kelayakan Rudy menjalani operasi di usia yang terbilang lanjut.

Kembar parasit juga dikenal dengan asymmetrical atau kembar menempel tidak sebanding, terjadi ketika embrio kembar mulai berkembang di rahim, tetapi mereka tidak terpisah penuh.

Salah satu embrio berkembang lebih dominan. Embrio yang tidak berkembang lantas menjadi parasit karena tidak sepenuhnya berkembang atau bergantung di tubuh embrio yang berkembang sempurna. ths/van

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com