India Sukses Misi Pertama ke Bulan

Kompas.com - 22/10/2008, 06:35 WIB
Editor

SRIHARIKOTA,RABU-India sukses meluncurkan misi pertama mereka ke bulan. Pesawat ruang angkasa tanpa awak Chandrayaan-1 diluncurkan dari Satish Dhawan Space Centre di Kota Sriharikota, Andhara Pradesh, India selatan sekitar pukul 06.50 waktu setempat, Rabu (22/10). Pesawat itu untuk memulai eksplorasi selama dua tahun.

Chandrayaan-1 akan membawa dua peralatan dari Lembaga Antariksa Amerika (NASA) yang akan meneliti sumber daya mineral, mempetakan kawasan-kawasan kutub dan mencari deposit es.

NASA mengatakan data dari kedua alat itu yang diberinama "Moon Mineralogy Mapper dan Miniature Synthetic Aperture Radar (Mini-SAR)" akan menyumbang bagi pemahaman lingkungan di bulan dan bagian dari pelaksanaan kebijakan eksplorasi ruang angkasanya lewat misi ke bulan dengan menggunakan robot dan manusia. "Peluang menerbangkan peralatan NASA dengan Chandrayaan-1 tak diragukan akan mengarah pada penemuan-penemuan ilmiah yang penting," kata administratur NASA, Michael Griffin.

Menurut dia, kerja sama dengan India ini merupakan langkah penting yang diharapkan berlangsung dalam jangka panjang dan saling menguntungkan dalam eksplorasi ruang angkasa sipil di masa depan.

"Moon Mineralogy Mapper" merupakan alat optik yang akan memberikan peta pertama seluruh permukaan Bulan dengan resolusi tinggi. Gambar-gambar yang dihasilkannya menunjukkan mineral yang membentuk permukaan Bulan.

Para ilmuwan akan menggunakan informasi ini untuk menjawab pertanyaan tentang asal-muasal bulan dan perkembangan geologinya dan juga evolusi planet-planet dalam sistim awal tata surya.