India Sukses Misi Pertama ke Bulan

Kompas.com - 22/10/2008, 06:35 WIB
Editor

SRIHARIKOTA,RABU-India sukses meluncurkan misi pertama mereka ke bulan. Pesawat ruang angkasa tanpa awak Chandrayaan-1 diluncurkan dari Satish Dhawan Space Centre di Kota Sriharikota, Andhara Pradesh, India selatan sekitar pukul 06.50 waktu setempat, Rabu (22/10). Pesawat itu untuk memulai eksplorasi selama dua tahun.

Chandrayaan-1 akan membawa dua peralatan dari Lembaga Antariksa Amerika (NASA) yang akan meneliti sumber daya mineral, mempetakan kawasan-kawasan kutub dan mencari deposit es.

NASA mengatakan data dari kedua alat itu yang diberinama "Moon Mineralogy Mapper dan Miniature Synthetic Aperture Radar (Mini-SAR)" akan menyumbang bagi pemahaman lingkungan di bulan dan bagian dari pelaksanaan kebijakan eksplorasi ruang angkasanya lewat misi ke bulan dengan menggunakan robot dan manusia. "Peluang menerbangkan peralatan NASA dengan Chandrayaan-1 tak diragukan akan mengarah pada penemuan-penemuan ilmiah yang penting," kata administratur NASA, Michael Griffin.

Menurut dia, kerja sama dengan India ini merupakan langkah penting yang diharapkan berlangsung dalam jangka panjang dan saling menguntungkan dalam eksplorasi ruang angkasa sipil di masa depan.

"Moon Mineralogy Mapper" merupakan alat optik yang akan memberikan peta pertama seluruh permukaan Bulan dengan resolusi tinggi. Gambar-gambar yang dihasilkannya menunjukkan mineral yang membentuk permukaan Bulan.

Para ilmuwan akan menggunakan informasi ini untuk menjawab pertanyaan tentang asal-muasal bulan dan perkembangan geologinya dan juga evolusi planet-planet dalam sistim awal tata surya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.