Messenger Sukses Melintas Dekat Merkurius Kedua Kalinya

Kompas.com - 07/10/2008, 09:06 WIB

WASHINGTON, SENIN — Wahana ruang angkasa Messenger milik Badan Antariksa AS (NASA) sukses melintas dekat Planet Merkurius, Senin (6/10) waktu AS atau Selasa (7/10) pagi WIB. Misi utamanya memotret permukaan planet terdekat dengan Matahari itu dari dekat.

Messenger yang merupakan kependekan dari MErcury Surface, Space ENvironment, GEochemistry and Ranging terbang melintas pada jarak terdekat dengan Planet Merkurius pada 201 kilometer dengan kecepatan 23.818 kilometer per jam. Ini merupakan kunjungannya yang kedua dari tiga misi yang direncanakan. Misi pertama sukses dilakukan pada 14 Januari lalu, sementara misi terakhir direncanakan pada September 2009.

"Perjalanan Senin ini bertujuan mempelajari sisi belakang planet tersebut yang pertama kali dilihat pada kunjungan pertama," ujar Louise Prockter, salah satu ilmuwan yang terlibat. Dengan mempelajari seluruh bagian planet tersebut dari dekat, para ilmuwan berharap dapat mengungkap lebih dalam sifat fisik planet tersebut.

Foto-foto yang diambil Messenger diharapkan dapat diterima di Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins mulai Selasa (7/10) pukul 21.00 WIB. Diperkirakan akan ada sekitar 1.200 foto yang dikirimkan wahana tersebut.

Satu-satunya wahana ruang angkasa yang pernah melintas dekat Planet Merkurius sebelum Messenger adalah Mariner 10. Wahana ruang angkasa tersebut juga melakukan tiga kali upaya mendekati planet tersebut antara 1974-1975, namun belum memotret bagian tersembunyinya.