Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asteroid Kecil Tembus Atmosfer Hari Ini

Kompas.com - 07/10/2008, 08:38 WIB

JAKARTA, SELASA — Sebuah asteroid yang masuk dalam kategori berukuran kecil akan menembus atmosfer Bumi hari ini. Pemandangan bola api yang ditimbulkannya mungkin dapat diamati paling jelas dari atas langit Sudan, Selasa (7/10) pagi.

"Untuk pertama kalinya kami dapat memprediksi tumbukan dengan baik dan ini akan menjadi pertunjukan angkasa yang menarik di dunia," ujar Donald Yeomans, manajer program Near Earth Object di Pusat Riset AMES, NASA. Peristiwa tersebut akan terjadi pukul 09.46 WIB.

Obyek yang diberi kode nama 2008 TC3 ini pertama kali diketahui pada survei langit di Gunung Lemon yang dilakukan Universitas Arizona, Minggu (5/10). Ukuran diameternya diperkirakan 1 hingga 4,5 meter sehingga termasuk kecil dan akan habis terbakar saat bergesekan dengan atmosfer Bumi.

"Pengaruh tumbukan ke atmosfer mungkin dilepaskannya, baik ledakan tunggal maupun rangkaian ledakan, sekitar 1 kiloton energi. Ini artinya kerusakan di darat diperkirakan nol," ujar Andre Milani, peneliti dari Universitas Pisa, Italia.

Informasi seperti ini penting di masa depan sebagai peringatan dini untuk memberikan risiko yang mungkin akan dihadapi. Pusat riset Ames telah melacak keberadaan 5.681 obyek sejenis, tapi hanya 757 yang cukup besar dan membahayakan Bumi. Setiap tahun rata-rata permukaan Bumi dihantam 2-3 batu angkasa, tapi tidak pernah ada peringatan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com