Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasan Tiro Pulang Kampung

Kompas.com - 24/09/2008, 14:10 WIB

BANDA ACEH,RABU-Mantan pemimpin tertinggi Gerakan Aceh Mereka (GAM) Tgk DR Hasan Tiro dijadwalkan pulang ke kampung halamannya di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada 11 Oktober mendatang, setelah hampir 30 tahun berada di pengasingannya, Swedia.

Ketua Komisi Peralihan Aceh (KPA) Pusat, Muzakkir Manaf di Banda Aceh, Rabu (24/9), menyatakan, kepulangan Hasan Tiro yang dijadwalkan pada 11 Oktober 2008 itu merupakan keinginannya sendiri, tanpa ada yang mengundang.

"Jadi, kepulangan Hasan Tiro itu tidak ada kaitannya dengan undangan pihak lain, tapi murni keinginannya sendiri untuk bersilaturrahmi dengan keluarga dan masyarakat Aceh setelah hampir 30 tahun ditinggalkannya," katanya didampingi juru bicaranya Ibrahim KBS.

Ketika ditanya berapa lama dan agendanya selama di Aceh, ia menyatakan, pihaknya juga belum mengetahui secara pasti berapa lama Hasan Tiro berada di Aceh. Demikian juga mengenai agenda kegiatan, ia juga belum bisa memastikan, karena belum ada jadwal yang pasti. Tapi, yang jelas Hasan Tiro akan ke kampung halamnnya di Tiro, Kabupaten Pidie.

Muzakkir yang juga Ketua DPP Partai Aceh itu menyatakan, kepulangan Hasan Tiro tersebut diharapkan bisa memperkuat perdamaian MoU Helsinki yang kini sedang berjalan di Aceh. Apakah kedatangan Hasan Tiro sudah dikonfirmasi dengan Pemerintah Indonesia, ia menyatakan, masalah itu sudah dilakukan, karena tanpa dukungan dan komitmen kedua pihak tidak bisa terlaksana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com