Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Indonesia Dicekal, Wisatawan Eropa Naik

Kompas.com - 11/09/2008, 12:07 WIB

JAKARTA, KAMIS - Meskipun akses penerbangan Indonesia ditutup di Eropa, namun jumlah wisatawan mancanegera asal Eropa yang masuk ke Indonesia meningkat dibanding tahun lalu, menjadi sekitar 700.000 orang pada semester I 2008 ini. Jumlah wisatawan asal Eropa, tahun 2007 lalu hanya mencapai 600 ribu.

Demikian Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik saat jumpa pers Indonesia Tourism and Travel Fair atau ITTF 2008 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Kamis (11/9).

Penambahan itu kata Jero karena adanya dukungan penerbangan negara lain  seperti Qatar Airlines, Singapore Airlines dan sebagainya, yang dapat membawa wisatawan asal Eropa ke Indonesia. "Turis itu cari jalannya, kalau ingin ke sini bisa memakai penerbangan lain, pasti dilakukan," katanya.

ITTF 2008 berlangsung selama empat hari, dari tanggal 11 September - 14 September 2008 dan akan menggelar bermacam produk pariwisata dari daerah. Kegiatan ITTF ini digagas oleh Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Assosiation of Indonesian Tour and Travel Agent (Astika), Indonesian Congress and Convention Assosiation (INCCA).

Ketua PHRI Yanti Sukamdani mengatakan, dalam ITTF 2008 akan dihadiri 60 buyer dari 12 negara untuk melakukan deal business atau kontrak dengan sales  yang digelar dalam forum business to business atau business to consumer. Sebanyak 131 peserta ikut dalam ITTF 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com