Lumba-lumba di Ancol Bunting Enam Bulan

Kompas.com - 11/09/2008, 08:08 WIB
Editor

JAKARTA, KAMIS - Lily, lumba-lumba berusia 17 tahun yang ada di Gelanggang Samudra Ancol, Jakarta, saat ini sedang bunting enam bulan. Diperkirakan pada awal tahun 2009 lumba-lumba hidung botol (tursiops aduncus) ini akan melahirkan.

Tahap kematangan seksual pada lumba-lumba betina rata-rata pada usia sembilan tahun. Dilihat dari usianya, Lily sudah saatnya berkembang biak. Tanda-tanda kehamilan Lily dapat dilihat dari bentuk fisik dan hasil analisis laboratorium. Pada fisiknya, kehamilan dapat dilihat dari pembesaran pada bagian perut. Gerakan renang lumba-lumba juga tidak selincah saat tidak hamil.

”Dari hasil sampel darah pada uji laboratorium terlihat adanya peningkatan kadar hormon progesteron yang bisa ditemukan pada lumba-lumba yang sedang hamil,” kata Manajer Promosi Taman Impian Jaya Ancol Metty S Yan Harahap, Selasa (9/9).

Lily sejak kecil dirawat di Gelanggang Samudra Ancol. Kondisi ini mempermudah tim dokter hewan untuk memeriksa Lily yang memantau perkembangan kehamilan setiap hari. Kelahiran lumba-lumba itu merupakan peristiwa langka di Indonesia.

Hingga kini ada enam lumba- lumba yang sudah melahirkan di Gelanggang Samudra Ancol, yaitu Lily, Puput, Pipit, Rio, Hidros, dan Juliet.

Jenis lumba-lumba yang dipelihara di sini adalah lumba-lumba hidung botol (Indo Pacific bottlenose dolphin), salah satu jenis yang dapat ditemukan di perairan Indonesia. Panjang tubuhnya maksimal 4 meter dan berat maksimal 600 kilogram. Lumba-lumba ini dapat hidup hingga usia 40 tahun.

Sesuai dengan asal namanya, delphis yang berarti ikan yang memiliki rahim/kandungan, dolphin atau lumba-lumba adalah salah satu mamalia laut yang bernapas dengan paru-paru dan berkembang biak dengan cara melahirkan serta menyusui anaknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lumba-lumba ada sejak 10 juta tahun lalu pada masa Miocene. Hingga kini terdapat 40 jenis lumba-lumba di seluruh dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.