Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Penting Durasi Bung!

Kompas.com - 28/08/2008, 10:58 WIB

PARA ahli seks sejak lama telah menunjukkan bahwa untuk memuaskan pasangan, ukuran penis bukanlah hal utama, yang terpenting justru lamanya waktu hubungan seks. Sebuah survei yang dilakukan para ahli seks di Amerika Serikat menyimpulkan, waktu paling optimal untuk melakukan hubungan seksual adalah 3-13 menit.

Tapi ingat, 3-13 menit tadi tidak termasuk perangsangan (foreplay), melainkan dimulai sejak penetrasi (intercouse). Para ahli juga menyebutkan bahwa intercouse yang berlangsung 1-2 menit terlalu singkat! Kesimpulan tersebut dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine.

Menurut Dr Irwin Goldstein, editor Journal of Sexual Medicine, berdasarkan survei yang dilakukan selama empat minggu terhadap 1.500 pasangan, diperoleh waktu rata-rata untuk melakukan penetrasi seksual adalah 7,3 menit. Lebih lama lebih baik. Baik pria maupun wanita ternyata sama-sama menginginkan foreplay dan penetrasi yang lama.

Meski demikian, separuh dari anggota Society of Sex Therapy and Research di AS dan Kanada yang disurvei mengatakan, waktu yang optimal untuk melakukan hubungan intim sangat tergantung pada kebutuhan setiap pasangan. Yang terpenting adalah kedua pihak merasa puas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com