Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 Persen Pelaku UKM adalah Perempuan

Kompas.com - 22/08/2008, 13:33 WIB

JAKARTA,JUMAT - Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Ikapi) Rina Fahmi Idris mengatakan dari 49 juta pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia, 80 persennya adalah perempuan. "Hal ini (jumlah wanita pengusaha ) harusnya diperhatikan oleh pemerintah untuk mengembangkan potensi perempuan," ujar Rina di sela-sela Forum Women in Leadership 2008 di Jakarta, Jumat (21/8).

Menurut Rina, Presiden sekarang ataupun presiden hasil Pemilu 2009 mendatang haruslah menangkap besarnya potensi pengembangan bangsa melalui perempuan. "Bayangkan saja secara statistik, potensi perempuan hampir lima puluh persen penduduk Indonesia," tandas Rina yang aktif di Partai Golkar ini.

Potensi ini tentunya juga harus diperhitungkan dalam politik pasca Pemilu 2009 nantinya. Putri Menteri Perindustrian Fahmi Idris ini berharap presiden terpilih mendatang tidak hanya menempatkan perempuan dala kursi-kursi kepemimpinan yang sekedar berhubungan dengan perempuan, seperti jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan, namun diberi kesempatan seluas-luasnya untuk 'bersaing' menduduki jabatan-jabatan strategis lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com