Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sunatan Massal di Jalan Raya Pos

Kompas.com - 14/08/2008, 09:08 WIB

ANYER, KAMIS — Sebanyak 100 anak dari Kecamatan Anyer, Serang, Banten, mengikuti sunatan massal yang diselenggarakan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK), Kamis (14/8). Kegiatan ini membuka rangkaian Ekspedisi Daendels yang dilakukan Kompas dalam rangka memperingati 200 tahun pembangunan Jalan Raya Pos yang membentang dari Anyer hingga Panarukan.

Menurut Ketua DKK Totok Poerwanto, kegiatan sunatan massal ini dipilih karena pertimbangan tingginya biaya sunatan di Anyer. Seusai disunat, para peserta ini akan mendapat baju koko, sarung, peci, dan uang Rp 100.000 sebagai kenang-kenangan.

"Tadinya DKK akan melakukan pengobatan massal, namun menurut Pak Camat pengobatan massal sudah sering dilakukan di sini. Ada ide bagaimana kalo sunatan massal karena warga di sini cukup berat dalam biaya sunatan. Akhirnya kita sepakat 100 orang anak dari sepuluh desa di Anyer mengikuti sunatan massal," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Anyer dr Agus Sukmayadi mengungkapkan, sunatan massal ini dibantu oleh tiga orang tenaga medis. "Satu dokter dari Dinas Kesehatan Kabupaten Serang dan dua dokter dari Puskesmas Anyer," ujar Agus.

Selain dibantu tenaga medis, ibu-ibu PKK dari Desa Cikoneng, Anyer, ikut berpartisipasi. Mengenakan seragam batik, sejak pagi mereka bersiap-siap menerima pendaftaran ulang calon peserta sunatan massal. Saat ini belasan calon peserta sunatan massal yang diantar orangtuanya berkumpul di lokasi sunatan yang menggambil tempat di halaman Mercusuar Anyer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com