Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Kemanusiaan di Ekspedisi Anjer Panaroekan

Kompas.com - 14/08/2008, 06:23 WIB

JAKARTA, KAMIS - Selain melakukan serangkaian liputan jurnalistik di sepanjang jalur Anyer (di ujung barat Pulau Jawa) hingga Panarukan di Jawa Timur itu, tim dari Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) akan melakukan berbagai kegiatan sosial di sejumlah kota dalam rangkaian Ekspedisi 200 Tahun Anjer-Panaroekan, mengenang 200 tahun pembangunan Jalan Raya Pos.

Di Anyer, Banten, misalnya, akan dilakukan khitanan massal dan pembagian buku dan renovasi tiga gedung SD. Di Lasem, Rembang, Jawa Tengah, dilakukan pembagian bibit bakau, dan sejumlah kegiatan lain. Di penghujung ekspedisi, yakni di Panarukan yang sekarang masuk wilayah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, DKK juga akan melakukan sejumlah kegiatan. Selain itu, tim Kompas juga akan menggelar lomba menulis bagi kalangan pelajar di sejumlah kota.

Berbeda dengan sejumlah ekspedisi yang pernah dilakukan sebelumnya, ekspedisi kali ini disertai belasan pesepeda yang akan terus mengikuti perjalanan tim ekspedisi sejak dari Anyer hingga Panarukan. Di luar itu, berbagai komunitas pesepeda seperti bike to works, komunitas onthel, dan komunitas-komunitas pesepeda lain akan mengiring tim ekspedisi setiap kali memulai start di suatu kota.

"Bahkan dari Bandung nanti akan ada rombongan pensiunan dan pengguna kursi roda," kata General Manager Humas Kompas Gramedia Nugroho F Yudho, Rabu (13/8).

Secara resmi, ekspedisi sebenarnya baru akan dimulai pada hari Jumat (15/8) dengan start dari Anyer sampai Jakarta. Akan tetapi, rangkaian kegiatan sudah dimulai hari Kamis ini dengan khitanan massal di Anyer.

Hari Kamis siang ini tim ekspedisi juga akan diterima Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Adapun rencana perjalanan tim ekspedisi yang berlangsung dari tanggal 16 hingga 25 Agustus itu nantinya akan dibagi beberapa etape:
1. Anyer-Serang-Tangerang-Jakarta
2. Jakarta-Depok-Bogor-Cipanas-Cianjur-Bandung
3. Bandung-Cileunyi-Sumedang-Palimanan-Cirebon
4. Cirebon-Losari-Brebes-Tegal-Pekalongan
5. Pekalongan-Batang-Semarang
6. Semarang-Demak-Kudus-Pati
7. Pati-Rembang, Rembang-Lasem-Tuban.
8. Tuban-Gresik-Surabaya
9. Surabaya-Waru-Sidoarjo-Pasuruan-Probolinggo
10. Probolinggo-Panarukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com