Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Rinjani Makin Diminati

Kompas.com - 08/08/2008, 09:12 WIB

MATARAM, JUMAT - Kunjungan wisatawan ke Gunung Rinjani (3.726 m di atas permukaan laut )  di Pulau Lombok, NTB yang merupakan salah satu obyek wisata andalan daerah ini, terus meningkat.
     
Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Ir. M.  Arief Toengkagie di Mataram, Jumat mengatakan, selama empat bulan tahun 2008 (April-Juli) jumlah wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata pendakian itu tercatat  5.038  orang, 3.238 orang di antaranya wisatawan mancanegara (Wisman) dan 1.800 orang wisatawan nusantara (wisnu).
     
Dibanding dengan data kunjungan wisatawan pada periode yang sama tahun 2007 sebanyak 4.477 orang, maka terjadi peningkatan cukup signifikan, selama tahun 2007 (Januari-Desember) jumlah wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata tersebut mencapai 9.517 orang, 5.065 orang diantaranya dari mencanegara   dan 4.452 orang wisnu.
     
"Melihat kecenderungan semakin ramainya kunjungan wisatawan, maka hingga akhir tahun 2008 nanti  diperkirakan  jumlah wistawan yang berkunjung ke obyek wisata tersebut bisa mencapai lebih dari 10.000 orang," kata Arief.
     
Obyek wisata yang secara geografis terletak di tiga kabupaten, yakni Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur melalui jalur pendakian Sembalun,  dapat ditempuh selama 4-5 jam menggunakan kendaraan umum.  
     
Sedangkan untuk jalur pendakian Sembalun, dari Sembalun Lawang ke Puncak Gunung Rinjani ditempuh selama tujuh jam jalan kaki, sementara Sembalun Lawang-Segara Anak selama 8-10 jam jalan kaki.
     
Sedangkan untuk jalur pendakian Senaru, Kecamatan Bayan,  dari Mataram dapat ditempuh selama tiga-empat jam dengan kendaraan umum, selanjutnya Senaru-Segara Anak selama tujuh hingga 10 jam jalan kaki.
     
Para wisatawan yang berkunjung ke Gunung Rinjani bisa menikmati berbagai obyek wisata menarik, antara lain di Senaru yang merupakan gerbang pendakian  terdapat desa adat Senaru dan di desa tersebut juga terdapat air terjun dua tingkat, yakni Sedang Gila dengan ketinggian 25 meter dan Tiu Kelep.
     
Selain itu juag bisa ditemukan air terjun Jeruk Manis dengan ketinggian 30 meter di Desa Kembang Kuning dan di lokasi tersebut terdapat berbagai jenis fauna, antara lain lutung (Tracyphitecusauratus cristatus) dan burung elang.
     
Di puncak Gurung  Rinjani para wisatawan bisa menikmati keindahan dan memancing ikan di Danau Segara anak yang berada pada ketinggian 2.010 dpl dan mandi di sumber air panas, Aik Kalak dan pemdangan alam yang indah di obyek wisata ini  juga bisa ditemukan berbagai jenis fauna dan flora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com