Ribuan Warga Adat Ciptagelar Rayakan Seren Taun

Kompas.com - 03/08/2008, 17:10 WIB
Editor

SUKABUMI, MINGGU - Sedikitnya 20.000 warga adat Kasepuhan Ciptagelar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengadiri upacara seren taun, Minggu (3/8). Seren taun adalah upacara adat untuk mensyukuri hasil panen padi selama satu tahun.

Upacara seren taun ditutup dengan upacara ngadiukeun atau mendudukkan padi di lumbung komunal 'Leuit Si Jimat' oleh Kepala Adat Abah Ugi. Seren taun adalah upacara adat tahunan untuk mengucap syukur atas hasil panen padi yang melimpah walaupun warga adat hanya menanam padi sekali dalam setahun.

Pola pertanian itu mengacu pada adat istiadat leluhur warga yang ingin memperlakukan tanah dengan bijak. Hasilnya memang mengagumkan yakni warga tak pernah mengalami kelaparan walaupun hanya menanam padi sekali dalam setahun.

Dari sekitar 4.000 warga adat dalam yang melakukan pola pertanian itu, diperoleh hasil 270 ton gabah kering siap tumbuk pada tahun 2008 ini. Hasil panen itu cukup untuk makan satu tahun lebih.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X