Fren Janjikan 15.000 Tenaga Kerja Direkrut Tiap Tahun

Kompas.com - 09/06/2008, 18:53 WIB
Editor

ENDE, SENIN- Pasangan calon Frans Lebu Raya-Esthon L Foenay atau biasa disebut paket Fren dalam kampanye terakhirnya hari ini berjanji, apabila terpilih mereka akan menjalankan program khusus penanggulangan kemiskinan dan pen gangguran.Program dimaksud salah satunya dengan perekrutan sedikitnya 15.000 tenaga kerja per tahun.

Demikian disampaikan pasangan tersebut saat berkampanye untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 2008-2013 di lapa ngan Perse, Kabupaten Ende, Flores, NTT, Senin (9/6).

Warga yang belum memiliki kesempatan usaha akan dibuka perekrutan tenaga pendamping atau fasilitator di tingkat desa. "Minimal tiap desa akan direkrut lima tenaga pendamping, sehingga apabila di NTT itu ada sekitar 3.000 desa, maka tiap tahun dapat direkrut minimal 15.000 tenaga kerja," kata Esthon L Foenay.

Menurut Esthon, program itu akan ditempuh dengan menggunakan dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) provinsi. Program tersebut juga sebenarnya sudah lama diberlakukan, yaitu dengan sebutan tenaga kader pembangunan desa.

Selain itu, Esthon juga menjanjikan akan melakukan restrukturisasi APBD, yaitu anggaran untuk belanja publik atau rakyat harus lebih besar dibandingkan dengan anggaran utuk belanja aparatur.

Pasangan Frans Lebu Raya-Esthon L Foenay yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengakhiri masa kampanye hari ini di Zona III (Ende, Ngada, Nagekeo, Manggarai, Manggarai Timur, dan Manggarai Barat).

Sementara pasangan yang diusung oleh Partai Golkar, yakni pasangan Ibrahim Agustinus Medah Paulus Moa (paket Tulus ) mengakhiri masa kampanye di Kabupaten Kupang, yaitu di Zona I (Kabupaten Kupang, Rote Ndao, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, dan Alor).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasangan Gaspar Parang Ehok-Julius Bobo (paket Gaul ) di hari terakhir berkampanye di Sumba, yaitu di zona II, yang meliputi wilayah Lembata, Flores Timur, Sikka, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya. Paket Gaul diusung oleh koalisi lima partai politik, yaitu PPDI, PKPI, PNBK, Pelopor, dan PKB.

Masa kampanye akan ditutup besok, Selasa (10/6) dengan dilakukan penurunan alat peraga kampanye. Sementara untuk pemilihan akan dilakukan hari Sabtu (14/6) mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.