Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lubang Biopori di Taman Suropati

Kompas.com - 10/05/2008, 12:08 WIB

JAKARTA, SABTU - Ancaman banjir di Jakarta akibat kurangnya lahan resapan air hujan tidak bisa disepelekan. Sudah saatnya setiap warga memikirkan upaya sekecil apa pun untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya banjir. Salah satu upaya sederhana dan ramah lingkungan itu adalah melalui pembuatan lubang resapan biopori.

Kampanye ini coba digalakkan Green Radio dan Jakarta Green Monster dengan menyelenggarakan pelatihan dan pembuatan 100 lubang biopori di Taman Suropati, Jakarta Pusat, Sabtu (9/5). Acara yang mendapat dukungan penuh dari Caring Community Jakarta, Mal Ciputra, dan Pemerintah Kota Jakarta Pusat ini mengajak warga Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat, mampu membuat sendiri lubang resapan biopori.

Hadir pada acara tersebut istri Gubernur Provinsi DKI Jakarta Sri Hartati Fauzi Bowo yang juga menjabat Ketua Caring Community Jakarta, dan Wali Kota Jakarta Pusat Silviana Murni. Dalam sambutannya, Silviana mengatakan, acara pelatihan dan pembuatan lubang tersebut merupakan bentuk gerakan menyelamatkan lingkungan hidup. "Ini gerakan moral untuk peduli terhadap lingkungan hidup," ujarnya. Pada kesempatan tersebut, Silviana juga berharap agar lubang-lubang biopori yang dibuat tidak sekadar seremonial. Upaya ini harus ditindaklanjuti dengan menaruh sampah-sampah organik pada lubang silinder dengan kedalaman 100 cm agar bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kompos.

Pemilihan Taman Suropati sebagai salah satu lokasi percontohan dimaksudkan agar masyarakat bisa melihat dan penasaran untuk melakukan hal yang sama. "Ini kan domain publik. Diharapkan masyarakat yang melihat kegiatan ini bisa berpartisipasi dengan membuat lubang biopori pada masing-masing rumah," ujar Silviana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com