Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syamsul Arifin-Gatot Pujo Nugroho Resmi Menangkan Pilkada Sumut

Kompas.com - 24/04/2008, 13:27 WIB

MEDAN, KAMIS-Pasangan Syamsul Arifin-Gatot Pujo Nugroho resmi memenangkan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Sumatera Utara. Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat pr ovinsi oleh Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara, Kamis (24/4), pasangan Syamsul-Gatot total meraih 1.396.892 atau 28,31 persen dari total 4.933.687 pemilih.

Rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara ( Sumut) sekaligus menetapkan Syamsul sebagai gubernur dan Gatot sebagai wakil gubernur Sumatera Utara periode 2008-2013. Perolehan suara empat pasangan lainnya, sesuai raihan jumlah suara sebagai berikut ; pasangan Tritamtomo-Benny Pasaribu 1.070.303 suara atau 21,69 persen ; pasangan Abdul Wahab Dalimunthe-Muhammad Syafii 858.528 suara atau 17,40 persen ; pasangan RE Siahaan-Suherdi 818.171 suara atau 16,58 persen dan ; pasangan Ali Umri-Maratua Simanjuntak 789.793 suara atau 16 persen.

Pilkada Sumut juga d iwarnai rendahnya partisipasi politik warga. Dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 8.475.026 pemilih, total suara pemilih sebanyak 5.011.377 suara atau hanya 59,1 persen. Sedangkan jumlah suara yang tidak sah sebanyak 77.690 suara.

Rekapitulasi pe nghitungan suara dan penetapan gubernur serta wakil gubernur terpilih digelar di Grand Ball Room Hotel Grand Angkasa, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan yang lokasinya di depan kantor KPU Sumut, dengan penjagaan ketat aparat Kepolisian Daerah Sumut dan Poltabes Medan. Lima kendaraan lapias baja diparkir tepat di samping hotel.

Seusai penghitungan resmi KPU Sumut, Syamsul tak dapat menutupi rasa gembiranya. "Terima kasih dan alhamdulillah, rakyat percaya dengan kami. Mudah-mudahan amanah ini bisa kami jaga dengan doa seluruh lapisan masyarakat dan ridho Allah," ujar Syamsul.

Dari lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, selain pasangan Syamsul-Gatot, rekapitulasi penghitungan suara hanya dihadiri oleh calon wakil gubernur Suherdi yang berpasangan dengan RE Siahaan. Calon gubernur dan wakil gubernur lainnya tak menghadiri acara te rsebut. Saksi yang datang dalam rekapitulasi penghitungan suara hanya dari pasangan Syamsul-Gatot, Darwin Nasution dan saksi dari pasangan Wahab-Syafii, Abdul Hakim Siagian. (BIL)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com