Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Durga Bisa Memicu Cuaca Ekstrim

Kompas.com - 23/04/2008, 22:11 WIB

JAKARTA, RABU - Cuaca di berbagai wilayah Sumatera dan Jawa masih akan berisiko mengalami kondisi ekstrim akibat terbentuknya badai baru yang diberi nama Durga. Badai atau siklon tropis Durga terbentuk di perairan barat daya Lampung hanya beberapa hari setelah badai tropis Rosie terbentuk.

Sesuai laporan Tropical Cyclone Warning Center (TOWC) Jakarta Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), pada Rabu (23/4) pukul 19.00 WIB, siklon tropis Rosie mulai melemah dan statusnya hanya menjadi depresi tropis. Posisi badai di selatan Pulau Jawa pada koordinat 11,6 derajat Lintang Selatan (LS) dan 106,2 derajat Bujur Timur (BT) dan bergerak dengan kecepatan 4 kilometer perjam. Depresi tropis saat ini tidak berdampak terhadap cuaca di Indonesia.

Sementara Rosie melemah, di barat daya Bengkulu telah terbentuk siklon tropis Durga sejak pukul 07.00 WIB. Sampai pukul 19.00 WIB, siklon diperkirakan berada 960 kilometer dari Bengkulu tepatnya pada koordinat 9,7 derajat LS dan 95,5 BT. Badai tersebut bergerak dengan kecepatan 11 kilometer perjam ke arah timur- tenggara menjauhi Indonesia.

Meski demikian, terbentuknya badai Durga berpotensi menyebabkan cuaca ekstrim di sejumlah wilayah. Status Siaga Siklon Tropis telah diumumkan untuk daerah Lebak, Pandeglang, Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, Cianjur, Garut, Sukabumi, Tasikmalaya and Lampung Barat.

Potensi hujan ringan hingga sedang kemungkinan terjadi di sekitar pesisir barat Sumatera bagian selatan dan pesisir selatan dan Jawa Barat  bagian Barat. Gelombang setinggi 3 meter atau lebih terjadi di perairan sebelah barat Sumatera Barat hingga Lampung dan Perairan sebelah Selatan Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com