Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Arca Ratu Mesir Kuno Berukuran Raksasa

Kompas.com - 01/04/2008, 21:35 WIB

KAIRO, SELASA - Sebuah arca raksasa yang menggambarkan sosok seorang wanita baru saja ditemukan dari puing-puing kuil Raja Amenhotep III. Arca yang masih utuh diyakini sebagai sosok Ratu Tiye, salah satu istri kesayangan raja Mesir Kuno yang berkuasa antara 1390-1350 sebelum Masehi itu.

Arca setinggi 3,6 meter itu ditemukan para arkeolog dari Mesir dan Eropa di bagian reruntuhan kaki arca lebih besar yang menggambarkan sosok Amenhotep III. Lokasi ditemukannya arca tersebut merupakan kompleks arkeologi yang luas dengan panjang hingga 700 meter. Arca paling terkenal dari situs ini adalah Kolosi Memnon, sosok Raja Amenhotep III setinggi 21 meter yang menjulang di pintu gerbang kuil sebelum hancur karena gempa di abad pertama.

"Yang mengejutkan, ia tidak rusak," ujar Hourig Sourouzina, arkeolog yang memimpin penggalian di situs tersebut sejak tahun 2000. "Kaki arca (Memnon) rusak berat sehingga mengejutkan melihat ratunya berada di antaranya dengan kondisi utuh-ia sangat cantik."

Selain arca tersebut, para arkeolog juga menemukan sepuluh arca dari batu granit lainnya, sepuluh arca Sekhmet atau dewi kesejahteraan dan pengobatan yang berkepala singa,  serta dua sphinx (patung berkepala manusia dan berbadan singa) yang menggambarkan Amenhotep III bersama Ratu Tiye. Penggalian ini adalah bagian dari proyek rehabilitasi kompleks kuil kuno yang sebelumnya diketahui memiliki enam patung raksasa Amenhotep III.

Kompleks yang megah dan patung-patung raksasa menggambarkan bahwa Mesir pada saat kekuasaan Amenhotep III sangat makmur. Arca tersebut juga menunjukkan bahwa wanita juga menempati posisi yang penting di kerajaan. Namun, di akhir hayatnya, raja yang berkuasa puluhan tahun itu mungkin sakit-sakitan sehingga harus menghadirkan dewi pengobatan.(NG/WAH)    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com