Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tamzil-Rozaq, Pendaftar Pertama Pilgub Jateng

Kompas.com - 26/03/2008, 22:00 WIB

SEMARANG, RABU — Pasangan dari Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional yaitu HM Tamzil-Abdul Rozaq Rais tercatat sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah yang mendaftar pertama kali ke KPU Jawa Tengah. KPU Jateng masih membuka pendaftaran cagub/cawagub hingga tanggal 1 April 2008.

Pasangan Tamzil-Rozaq mengembalikan formulir sekaligus mendaftar ke KPU Jateng pada pukul 10.30. Kedua calon itu diterima langsung oleh anggota KPU Ari Pradhanawati. Saat hendak masuk gedung KPU, rombongan pasang tersebut meneriakkan yel-yel kemenangan.

Ketika ditanya kesiapannya menghadapi Pilgub Jateng pada 22 Juni mendatang, Tamzil menjawab siap menjalankan amanah jika terpilih sebagai orang nomor satu di Jateng. Saat ditanya apakah dirinya siap kalah, Tamzil sempat terdiam sejenak. “Lihat dulu perkembangannya,” jawab Tamzil, yang juga Bupati Kudus itu. Abdul Rozaq Rais adalah Ketua DPW PAN Jateng.

Menurut Tamzil, pihaknya akan memetakan semua daerah di Jateng untuk dijadikan target peraihan suara. Namun, ia mengatakan, dirinya akan memfokuskan pada daerah Pantura untuk meraih suara warga NU.

Selain itu, ada tujuh partai politik yang kemarin mengambil formulir pendaftaran ke KPU Jateng. Ketujuh parpol tersebut adalah PPP, Partai Demokrat, PAN, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan Partai Golkar. PPP sebagai partai pertama yang mengambil formulir pada pukul 08.05. 

Menurut Ketua KPU Jateng Fitriyah, formulir tersebut antara lain berisi pernyataan partai pendukung calon, pernyataan untuk tidak mencabut pasangan cagub dan cawagub, lembar berita acara penyaringan calon, dan formulir yang wajib diisi calon peserta pilgub. “Formulir yang wajib diisi calon antara lain tentang pernyataan calon untuk setia kepada Pancasila dan UUD 1945,” ujar Fitriyah.(A03)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com