Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cassini Lewati Semburan Geyser di Luar Angkasa

Kompas.com - 13/03/2008, 20:00 WIB

LOS ANGELES, RABU - Wahana bernama Cassini sukses melintas di tepian puncak semburan geyser dari permukaan Enceladus, salah satu bulan Planet Saturnus. Data-data pengukuran yang dilakukan dalam manuver tersebut mulai dikirimkan hari ini.

"Segala sesuatu kelihatannya sukses," ujar Todd Barber, kepala insinyur propulsi NASA yang terlibat dalam misi Cassini. Sinyal yang dikirimkan wahana tak berawak tersebut diterima pada Rabu (12/3) pukul 22.00 waktu AS atau Kamis (13/3) pukul 10.00 WIB.

Manuver tersebut dilakukan wahana Cassini untuk mengukur kandungan kimia cairan yang disemburkan. Wahana diperkirakan melintas pada ketinggian 192 kilometer dari permukaan Enceladus. Cassini belum pernah melintas sedekat ini dengan Enceladus.    

Semburan tersebut menarik perhatian para ilmuwan sejak pertama kali terekam tahun 2005. Saat itu, kamera yang dibawa Cassini merekam semburan yang diperkirakan sebagai campuran partikel-partikel es dan uap air di kutub selatan Enceladus.
 
Kandungan uap air ini menempatkan Enceladus sebagai salah satu objek di tata surya yang mungkin mendukung kehidupan. Dengan mengungkap komposisi kimia semburan tersebut, para ilmuwan berharap dapat mengungkap keunikan Enceladus lebih dalam.(AP/WAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com