Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Binatang Surabaya Tetaskan 14 Telur Komodo

Kompas.com - 10/03/2008, 16:28 WIB

SURABAYA, SENIN - Sebanyak 14 dari 18 telur komodo (Varanus komodoensis) di Kebun Binatang Surabaya (KBS) menetas. Kini, koleksi satwa langka khas Indonesia yang dikenal sebagai kadal naga ini bertambah menjadi 39 ekor di KBS.

Hubungan Masyarakat (Humas) KBS, Agus Supangkat, di Surabaya, Senin (10/3), menjelaskan sebelumnya sudah memiliki koleksi satwa kadal purba khas Indonesia itu, masing-masing 12 jantan dewasa, 11 betina dewasa dan dua komodo muda. Komodo-komodo tersebut bertelur sejak Agustus 2007 dan pada September 2007 telur-telur satwa khas Pulau Komodo tersebut ditetaskan dengan inkubator.

Dari 18 telur komodo yang ditetaskan, 14 telur diantaranya sudah menetas, sedangkan dua telur sudah akan pecah, satu masih utuh menunggu menetas dan satu lainnya gagal. Anak-anak komodo yang telah menetas beratnya antara 5-6 ons. Satwa yang baru lahir itu saat ini masih dirawat di ruang inkubator dan baru diberi makan kuning telur.

"Setelah lewat 14 hari dan kondisinya sehat, anak komodo itu akan mulai diberi daging cincang. Kalau saat ini hanya diberi makan kuning telur saja," kata Agus.(ANT/WAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau