Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2009, China Luncurkan Wahana Kedua ke Bulan

Kompas.com - 25/02/2008, 18:06 WIB

JAKARTA, SENIN - China berharap dapat meluncurkan satelit ke bulan yang kedua pada tahun 2009. Berita ini dilaporkan oleh media setempat, Jumat (22/2), usai pusat pengendali satelit berhasil memperbaiki komunikasi yang sempat putus dengan wahana Chang'e 1 yang saat ini berada di orbit Bulan.

Kantor berita Xinhua menyebutkan bahwa sebelum kabar ini muncul, kontak dengan satelit bulan yang pertama Chang'e-1 putus selama empat jam. Pusat kontrol kehilangan kontak dengan satelit selama empat jam pada hari Selasa (19/2), selama ia bergerak ke area bayangan Bumi.

Pada bulan November 2007, Perdana Menteri Wen Jiabao menerima foto yang pertama Bulan dari satelit sebagai bukti kemajuan Cina dalam bidang luar angkasa dan teknologi. Ia mengatakan ini menunjukkan bahwa mimpi Cina untuk terbang ke bulan akan segera terealisasi.

Chang'e-1 adalah program pertama dari ambisi program antariksa China. Selain akan dilanjutkan oleh wahan kedua, China berambisi mendaratkan robot penjelajah tak berawak di bulan pada tahun 2012 dan mengirimkan awaknya kemudian pada tahun 2020. Saat ini, Chang'e-1 mengerjakan tiga survei dimensional di bulan dan juga mengumpulkan data tentang permukaan bulan.(C2-08)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com