Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astronot Sakit, Misi Tertunda Sehari

Kompas.com - 11/02/2008, 15:40 WIB

HOUSTON, MINGGU - Jadwal spacewalk pertama untuk memasang modul laboratorium milik Eropa di stasiun antariksa internasional (ISS) tertunda 24 jam setelah seorang astronot sakit. Astronot Jerman bernama Hans Schlegel yang seharusnya bertugas terpaksa harus digantikan awak lainnya.

Schlegel diketahui sakit saat beberapa saat setelah wahana ulang alik Atlantis yang ditumpangi bersama enam awak lainnya merapat ke ISS, Sabtu (10/2). Karena hal tersebut, spacewalk pertama yang seharusnya dilaksanakan Minggu (11/2) ditunda hingga Senin (11/2) pukul 21.35 WIB.

Posisi Schlegel akan digantikan astronot AS, Stanley Love, yang akan melakukan tugas pertama bersama Rex Walheim. Schlegel mungkin akan bertugas kembali pada spacewalk berikutnya.

"Kami berasumsi, ia akan kembali ambil bagian pada spacewalk kedua," ujar Markus Bauer, jurubicara badan antriksa Eropa (ESA). Bauer mengatakan, Schlegel sudah membaik dan dalam kondisi baik. Meski demikian, tidak dijelaskan sakit yang dideritanya dengan alasan privasi.

Penundaan ini menyebabkan misi Atlantis diperpanjang sehari dari rencana semula 11 hari. Atlantis akan kembali mendarat di Bumi pada 19 Februari 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com