Satu Asteroid Jauhi Bumi, Lainnya Dekati Mars

Kompas.com - 30/01/2008, 15:54 WIB

LOS ANGELES, SELASA - Satu asteroid telah menjauhi Bumi dan satu asteroid lainnya sedang mendekat ke Mars. Peluang kedua asteroid menabrak Bumi dan Mars sangat kecil, namun tetap menarik perhatian para astronom di sleuruh dunia.

Sesui prediksi, asteroid 2007 TU24 telah bergerak melalui lintasan yang berada pada jarak terdekat dengan Bumi pada Selasa (29/1) pukul 15.33 WIB. Jarak asteroid ke Bumi hanya sekitar 538.000 kilometer atau 1,4 kali jarak Bumi-Bulan.

"Saya dapat memastikan asteroid tersebut berada pada jarak terdekat dengan Bumi....dan ia terus bergerak, menjauhi Bumi," kata DC Agle, jurubicara Laboratorium Propulsi Jet (JPL) NASA di Pasadena, California, AS.

Para ilmuwan NASA telah melacak pergerakan asteroid tersebut sejak ditemukan pertama kali pada Survei Langit Catalina, 11 Oktober 2007. Foto pertamanya dengan resolusi rendah telah dirilis pada 28 Januari 2008 menggunakan teleskop radio dari Teleskop Greenbank di West Virginia, AS.

Asteroid 2007 TU24 masih terus dilacak pergerakannya. Pengamatan lebih dalam akan dilakukan melalui Observatorium Arabico di Puerto Rico antara 1-4 Februari 2008.

Dekati Mars

Sementara itu, asteroid lainnya yang diberi nama 2007 WD5 sedang mengarah ke Plant Mars dan akan berada pada jarak lintasan terdekat dengan Mars pada 30 Januari 2008 sekitar pukul 17.55 WIB. Asteroid 2007 WD5 akan berada pada jarak terdekat dengan Mars sekitar 50.000 kilometer.

Peluangnya menabrak Mars sempat naik hingga empat persen sejak ditemukan dalam Survei Langit Catalina pada 20 November 2007. Namun, peluangnya terus menurun dalam sebulan terakhir dan hanya 1 berbanding 10.000.(AFP/JPL)